Friday, December 02, 2016

Berkunjung ke padepokan Lutung Jawa


Bulan November pertengahan saya berkunjung ke salah satu pusat rehabilitasi primata Jawa di Jawa Timur, tepatnya di Cuban Talun, Batu, Malang. Pusat rehabilitiasi ini di bangun khusus untuk Lutung Jawa, mungkin satu-satunya yang ada di Indonesia untuk rehabilitiasi jenis-jenis monyet pemakan daun. Perjalanan lebih dari 12 Jam menyusuri jalur selatan pulau jawa mulai dari Jogja-Pacitan-Trenggalek-Blitar-Malang membuat harus membuka kembali peta dan yang jelas melihat langsung kondisi habitat primata di wilayah Jawa bagian timur. Beberapa catatan perjumpaan jenis-jenis primata jawa tidak banyak yang melaporkan dari wilayah ini, bisa menjadi pekerjaan selanjutnya untuk pelestarian primata Jawa.
Lutung jawa hasil sitaan, sedang menjalani perawatan di kandang
Sampai di Cuban Talun, mas Iwan Kurniawan selaku project manager pusat rehabilitiasi ini sudah menunggu, berkenalan dengan tim yang ada disini dan melihat langsung 11 lutung yang sedang dalam proses untuk di lepas liarkan kembali. Lutung-lutung ini adalah hasil sitaan dari BKSDA jawa timur, lutung-lutung yang telah lama di pelihara orang atau dekat dengan aktifitas manusia ini harus menjalani proses panjang sebelum di lepas liar kembali ke habitatnya. Cek kesehatan, penelitian dan pengamatan perilaku dan pengelompokan menjadi pekerjaan berat untuk Lutung ini. 
sumber pakan adalah penting untuk Lutung jawa

Lutung adalah monyet pemakan daun yang hidupnya berkelompok, jadi untuk melepas kan kembali kealam haruslah dalam kelompok juga, selama di pusat rehab lutung-lutung ini juga di coba di pasangkan dengan lutung yang lain, 1 jantan dengan 3 atau 4 betina, kemudian apabila telah berhasil mendpatkan keturunan dan lolos prasarat pelepasan, akan di lepas bersama. Pemilihan hutan untuk melepas liarkan lutung juga harus melalui prasayarat khusus, aspesk ekologi dan sosial juga menjadi pertimbangan. Setelah di lepaskan kembali kegiatan monitoring juga terus dilakukan untuk melihat perkembangan kelompok ini dan juga interaksinya dengan habitat barunya. Biaya tentu menjadi permasalahan yang berat untuk melepas liarkan Lutung-lutung ini, perawatan setiap hari di selama menjalani proses rehabilitiasi tentu tidak semudah yang kita bayangkan. Upaya-upaya yang berkelanjutan sedang dan telah di inisiasi di JLC, untuk anda yang tertarik untuk membantu kegiatan ini silahkan berkunjung langsung ke JLC untuk melihat langsung dan memberikan kontribusi untuk kelestarian Lutung Jawa.

No comments: