Sunday, January 18, 2015

Jebakan camera di hutan Owa

Akhir tahun 2014, penelitian dan kegiatan konservasi Owa di hutan Sokokembang telah dan sedang menggunakan alat baru, yaitu camera trap. Pengertian camera trap bisa langsung ke link ini saja. http://en.wikipedia.org/wiki/Camera_trap.

Kali ini kami mencoba menggunakan camera trap untuk melihat jenis-jenis satwa yang jarang di jumpai di hutan owa, sekaligus inisiasi awal dari penelitian keanekaragaman mamalia kecil di habitat kopi hutan Sokokembang. Dua bulan pemasangan camera trap ini menjadi pengalaman kami bagaimana menempatkan camera trap.

Kamera ini juga bisa merekan video, perilaku satwa juga dapat dengan mudah di amati dari video yang terekam. Beberapa hasil camera juga sangat penting untuk data keanekaragaman hayati dan kedepan juga dapat digunakan sebagai justifikasi pentingnya melindungi kawasan ini sebagai habitat satwaliar yang hanya ada di habitat habitat tertentu. Kedepan penggunaan camera trap di hutan Sokokembang dapat bisa juga untuk mengetahui perilaku jenis-jenis satwaliar yang pemalu, sulit di amati. Jenis-jenis mamalia kecil juga sangat penting keberadaanya di hutan karena mereka sebenarnya juga mempunyai peran penting bagi hutan. Sepeti musang, luwak atau bajing, mereka juga membantu regenerasi hutan, dengan menyebarkan biji-bijian pohon hutan.

Dan masih menunggu hasil-hasil dari camera trap ini....

1 comment:

awdawd said...

infonya sangat bermanfaat,,,
mantap,,,