Monday, March 09, 2015

Applikasi Smartphone Untuk Penelitian Primata dan Konservasi

tampilan  foto dengan applikasi geocam

Smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk kegiatan sehari-hari, banyak kemudahan dan penyederhaan fungsi dari peralatan yang dapat di jumpai dalam smartphone, tentunya dengan instalasi applikasi yang sesuai. Kegiatan penelitian dan pengamatan/monitoring primata hutan sokokembang telah 2 tahun terakhir ini menggunakan smartphone untuk dilapangan, tentunya dengan dukungan applikasi yang sesuai akan mempermudah data collection dan kegiatan pelestarian pada umumnya .

Salah satu applikasi dalam smarphone yang telah dan sedang kita gunakan untuk monitoring Owajawa adalah “Geocam”. Applikasi ini menggabungkan beberapa peralatan sekaligus yang sebelumnya digunakan untuk monitoring owa. Silahkan download disini, dan silahkan coba-coba dulu untuk penggunaan alat ini. Untuk monitoring owajawa, biasanya setidaknya kita akan mencatat tentang data tanggal, posisi koordinat, arah kompas (untuk mencatat arah datangnya suara), foto dll. Geocam sudah mencakup itu smua dalam satu sentuhan, prinsip geotagging pada foto di dukung hardware gps yang ada dalam smartphone sangat membantu. Selain itu dalam tampilan frame foto yang di ambil dalam applikasi ini juga mencatat arah kompas. Dan ini sangat di penting ketika mencatat sudut datang suara owa.

Saat kita sudah sampai di listening post , biasanya kita akan menunggu owa bersuara, dengan smartphone kini, fungi gps handheld, kompas, camera saku, sudah di gantikan. Untuk penggunaan applikasi ini perlu di kalibrasi terlbih dahulu dengan memutar smarphone kita beberapa kali, pada posisi yang rata. Kemudian pencatatan data vocal count, sebaiknya menunggu posisi gps dengan tingkat akurasi kurang dari 10 meter. Kemudian waktu mendengar kelompok owa bersuara, kita tinggal menunggu beberapa saat untuk memotret arah datangnya suara, dan ketika eror gps sudah kira-kira di bawah 10 meter, foto bisa kisa simpan. Selanjutnya bisa kita kombinasikan dengan applikasi yang lain untuk pengelolaan data dan analisisnya. Selamat mencoba!!

No comments: