Pengamatan Owajawa saat hujan, ternyata menggendong bayi !!

 

 Kalau melihat rambut-rambut tebal  yang indah Owa Jawa, kadang masih terus bertanya-tanya sebenarnya fungsinya apa? Belum pernah melihat detail rambut owa jawa, berapa panjangnya dan sususannya seperti apa tapi yang jelas kalau kita melihat rambut di kepala kita saya pikir tidak jauh berbeda, hanya rambut kita tumbuh lebih memanjang di tempat-tempat tertentu. Karena terbiasa mengamati di alam, dan tidak mungkin menyentuh mereka, penampakan di Alam kadang dengan yang di captive, atau kebun binatang tentu berbeda. Ada pengaruh asupan makanan dan lingkungan dalam warna dan penampilan rambut atau bulu satwaliar. Kekurangan asupan nutrisi akan mempengaruhi rambut, misal tidak sehat, warna pucat atau bahkan rontok. Ada pertanyaan lagi kenapa rambut di kepala kita selalu tambah panjang? Sementara di Owa sepertinya  tidak panjang-panjang. Atau jangan-jangan owa pergi ke salon juga untuk potong rambut?

Dari pengamatan di alam, baru-baru ini teramati fungsi rambut Owa, salah satunya adalah untuk melindungi  bayi atau anakan owa yang baru lahir, dari cuaca yang kurang bersahabat. Pengamatan dilakukan di Welo Asri, ketika hari hujan dan saat itu sedang ada 4 individu Owa yang teramati disekitar lokasi wisata ini. 1 Individu teramati ternyata sedang menggendong bayi, hal ini kita ketahui setelah mengecek berulang kali rekaman videonya, bayi owa tersebut terlindung di bagian depan badan Induknya, dan sangat terlindung sampai tidak nampak kalau sedang menggendong Owa. Rambut satwaliar terutama mamalia terkait dengan fungsi metabolisme tubuh mereka, rambut-rambut ini berfungsi sebagai insulator, penahan panas tubuh mereka, agar tidak terlepas begitu saja ke luar tubuh mereka. Dengan suhu tubuh yang hangat banyak fungsi biologis yang berjalan termasuk membesarkan anak mereka. Ketika musim hujan seperti di video tersebut sepertinya fungsi penting rambut tebal owa adalah untuk melindungi bayinya dari cuaca dingin dan hujan. Full body contact antara induk dan bayi membuat suhu bayi yang belum banyak tumbuh rambut akan melindungi bayi dari gangguan cuaca yang dingin.

Untuk diketahui bahwa bayi owa akan selalu bersama induknya, sampai kira-kira umur 4 bulan. Dalam masa menyusui tersebut bayi owa akan terlihat sering memeluk induknya, baik ketika istirahat ataupun bergerak. Bayi Owa sangat rentan pada masa-masa belum disapih ini, selamat 4 bulan akan sangat tergantung dari induknya. Selama pengamatan sepertinya tidak terlihat basah juga rambut-rambut owa ini, meskipun kadang terlihat mengebaskan badannya untuk mengeringkan air yang menempel.

 

Daftar Pustaka :

1. Yi Y, Kim Y, Hikmat A, Choe JC. Information transfer through food from parents to offspring in wild Javan gibbons. Sci Rep. 2020;10(1):714. Published 2020 Jan 20. doi:10.1038/s41598-019-57021-6

 

 

Komentar

Postingan Populer