Sunday, May 31, 2009

software ekologi untuk analisis data dan writing tools


Berikut ini beberapa tools yang sangat bermanfaat dalam kegiatan penelitian ekologi juga pernah saya gunakan dalam penelitian penelitian saya. Sebagian besar merupakan software open source yang bisa di download secara gratis.

  1. Distance Sampling, software ini di gunakan untuk estimasi populasi untuk satwaliar baik yang sifatnya menyendiri ataupun berkelompok. Bisa digunakan untuk estimasi berdasarkan perjumpaan langsung ataupun tidak langsung (misalnya menggunakan sarang). Sangat di anjurkan untuk membaca juga buku Distance Sampling,juga tersedia on-line book nya.
  2. R ,software statistik yang sekarang banyak digunakan oleh conservationist dan ecologist, menyediakan analisis statistik yang lengkap dengan grafis yang bagus, meskipun software ini sangat komplek (karena menggunakan bahasa pemrograman) namun menu pertolongannya juga sudah tersedia dalam sistemnya, juga sumber di internet banyak yang menyajikan guide step-by step penggunaan software ini dan juga cotoh analisis dan juga peritah-perintah yang digunakan.

  3. wiki-r project, menyediakan tips-tips dalam menggunakan R
  4. Openoffice, yang saya suka dari program ini, konversi word ke pdf nya cepat dan simple sekali.

  5. Goggle earth, mudah dan informatif untuk digunakan sebagai study awal kondisi lapangan, mendesign metode penelitian (misal line transect ataupun point count).

  6. Interactive key to Malesian seed plants, sistem identifikasi interaktif untuk jenis-jenis tanaman flora-malesiana region. di develop oleh royal botanical garden kew, bisa digunakan secara offline ataupun online.

  7. Firefox, ini web browser cepat yang paling saya sukai, karena banyaknya fasilitas ekstensi (add-on) yang di tawarkannya, tapi terlalu banyak ekstensi yang digunakan juga akan membuat lambat kerjanya.

  8. Zotero, ini salah satu add-on yang dalam browser fire fox, digunakan untuk memanage referensi, citation, websource, video, e-book, dan lain-lain. contoh penggunaannya adalah untuk mengelola literature yang akan di gunakan dalam penelitian kita, zotero dapat langsung terkoneksi dengan perpustakaan atau katalog online yang ada, secara otomatis akan menyimpan dan kita bisa memilih literature yang mana yang akan kita pakai, termasuk berbagai format penulisan daftar pustakanya.

  9. Arkive, koleksi lengkap untuk video, foto dan status dari species terancam dari seluruh dunia

  10. Iucn redlist, rujukan utama untuk status keterancaman seluruh species di dunia.

  11. Google book, bukan writing tools , tapi menyediakan banyak buku yang bisa di baca, gratis pula.

No comments: