Lutung Dahi Putih : Catatan Baru di Kalimantan Tengah

Presbytis frontata Lutung dahi Putih


Catatan perjumpaan terbaru untuk salah satu jenis primata endemik Kalimantan di laporkan oleh tim swaraowa, dari kegiatan pengamatan primata bulan Oktober tahun 2018.
Temuan ini menambah pengetahuan tentang sebaran dan populasi primata ini di Kalimantan Tengah, dan sudah di publikasikan melalui jurnal  Southeast Asia Vertebrate Record, dan bisa download melaui link berikut.   Lutung dahi putih (Presbytis frontata) adalah jenis monyet pemakan daun endemik Kalimantan. Dengan ciri hitam di seluruh tubuh dan warna putih di bagian kepala depan, Lutung ini sangat berbeda dengan jenis surili  dari genus presbytis lainnya yang ada di Kalimantan. Menurut IUCN Red list, primata ini masuk dalam kategori vulnerable (VU) 1 dan masuk dalam kategori satwa dilindungi ( NOMOR P.92/MENLHK/SETJEN/KUM.1/8/2018)

Beruk (Macaca nemestrina)
(Presbytis rubicunda) Lutung merah

Perjumpaan dengan primata ini berada di kawasan HCV Bukit Santuai, yang terletak konsesi perkebunan Kelapa Sawit Agro Wana Lestari, Kota Waringing Timur, Kalimantan Tengah. Menurut Ika Yuni Agustin, di hutan alam di Bukit Santuai ini juga menjadi habitat Owa (Hylobates albibarbis), Lutung merah ( Presbytis rubicunda) juga ada Beruk (Macaca nemestrina), dan Monyet Ekor panjang ( Macaca facicularis).


1. Meijaard, E. & Nijman, V. 2008. Presbytis frontataThe IUCN Red List of Threatened Species 2008:e.T18127A7665520. http://dx.doi.org/10.2305/IUCN.UK.2008.RLTS.T18127A7665520.enDownloaded on 08 April 2019.

Komentar

Postingan Populer